Home > Accounting > Importance of Accounting

Importance of Accounting

Kadang kala para pelaku bisnis, tidak mementingkan fungsi pembukuan (akuntansi) dalam menjalankan bisnisnya. Bagi mereka asalkan mereka mendapatkan untung, uang masuk besar dan bisnis berkembang mereka sudah senang.

Padahal dengan adanya pembukuan maka mereka dapat mendapatkan informasi-informasi yang berguna, baik informasi keuangan maupun informasi non keuangan. Dengan adanya informasi-informasi tersebut, maka pelaku bisnis dapat menentukan strategi apa yang tepat di dalam mengembangkan bisnisnya.

Contohnya : dengan disediakannya laporan cash flow (laporan arus kas) maka para pelaku usaha dapat mengetahui pergerakan uangnya. uang masuk dari mana dan uang keluar untuk apa aja. sehingga bisa mengetahui aliran uang kita lebih besar untuk kegiatan operasi, kegiatan investasi atau kegiatan financing.

Accounting adalah sebuah proses dimana mengumpulkan, mencatat, melaporkan dan menganalisa informasi dari laporan yang dihasilkan. Laporan ini akan dipakai oleh pihak-pihak yang memerlukan, seperti : direktur, kreditor (bank), manajer, dll.

Pada intinya Accounting digunakan untuk menghasilkan informasi, informasi yang diperlukan oleh manajemen di dalam membuat keputusan yang tepat di dalam jalannya perusahaan.

Laporan yang dihasilkan oleh proses akuntansi terdiri dari :

1. Laporan Laba Rugi (Income Statement)

2. Laporan Neraca (Balance Sheet)

3. Laporan Perubahan Modal (Statement of Owner’s Equity)

4. Laporan Arus Kas (Statement of Cash Flow)

5. Catatan atas Laporan Keuangan (Notes to Financial Statement)

Categories: Accounting
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment